Monday, April 14, 2008

Biografi Muhammad bin Ibrahim Alusy Syaikh

Dinukil oleh : Agi [studi.islam@yahoo.com]
dari Buku Barisan Ulama Pembela Sunnah Nabawiyyah (hal. 113-125) karya al-Ustadz Abu Aisyah Arif Fathul Ulum, Penerbit Media Tarbiyah, Bogor

Pengenalan

Beliau adalah Syaikh al-'Allamah al-Faqih al-Muhaddits Abu 'Abdil 'Aziz Muhammad bin Ibrahim bin 'Abdil Lathif bin 'Abdirrahman bin Hasan bin Muhammad bin 'Abdil Wahhab at-Tamimy an-Najdy.
Beliau lahir pada bulan Muharram 1311 H di Riyadh Saudi Arabia dalam lingkungan keluarga yang dikenal dengan keilmuan dan keutamaan mereka.
Beliau tumbuh di Riyadh di dalam lingkungan yang penuh dengan pancaran ilmu, ayahandanya adalah Qadhi kota Riyadh dan paman-pamannya adalah para ulama yang masyhur.
Pada umur 7 tahun beliau belajar tajwid Al-Qur'an di bawah bimbingan Syaikh 'Abdurrahman bin Mufairij kemudian beliau selesai menghafal Al-Qur'an pada usia 11 tahun.
Beliau belajar kepada ayahandanya ringkasan-ringkasan risalah-risalah para imam dakwah tauhid, beliau hafal matannya lebih dulu kemudian beliau setorkan hafalan tersebut kepada ayahandanya, setelah mutqin ayahandanya memberikan syarah matan tersebut kepada beliau.
Ketika berusia 16 tahun beliau mengalami sakit pada kedua matanya selama setahun yang menyebabkan beliau kehilangan penglihatannya.
Saat ayahandanya meninggal pada tahun 1329 H, beliau melanjutkan taklimnya kepada para ulama negerinya, beliau belajar kepada setiap gurunya yang menonjol pada bidangnya masing-masing, sehingga beliau menonjol dalam setiap ilmu yang beliau pelajari. Dalam bidang tauhid beliau tergolong kuat dalam tahqiq, dalam fiqih beliau kokoh dalam ijtihad, dalam bidang bahasa dan sastra Arab beliau adalah pakarnya, demikian juga dalam bidang ilmu yang lainnya.
Di antara guru-guru beliau selain ayahandanya adalah pamannya, Syaikh 'Abdullah bin 'Abdil Lathif, Syaikh an-Nahwi al-Faradhi al-Faqih Hamd bin Faris, Syaikh al-Muhaddits al-Faqih Sa'd bin 'Atiq, Syaikh al-Faradhi 'Abdullah bin Rasyid, Syaikh al-Faqih Muhammad bin Mahmud.
Beliau belajar ushul Tauhid dan mukhtasharatnya kepada ayahandanya, demikian juga ilmu Fara-idh yang kemudian beliau perdalam pada Syaikh 'Abdullah bin Rasyid yang beliau belajar Alfiyyah Faraa-idh kepadanya.
Beliau belajar kepada pamannya, Syaikh 'Abdullah bin Abdul Lathif kitab yang banyak sekali yang beliau hafal sebagiannya seperti Kitab at-Tauhid, Kasyfu Syubuhat, Tsalatsatul Ushul, 'Aqidah Wasithiyyah dan Hamawiyyah, dan yang lainnya.
Dalam bidang fiqih beliau menghafal matan Zadul Mustaqni' di bawah bimbingan Syaikh Hamd bin Faris, kemudian beliau melanjutkan taklimnya kepada Syaikh Muhammad bin Mahmud dan Syaikh Sa'd bin 'Atiq. Dalam bidang hadits beliau menghafal kitab Bulughul Maram dan separo dari kitab Muntaqal Akhbar di bawah bimbingan pamannya Syaikh 'Abdullah bin 'Abdul Lathif.
Beliau juga belajar Alfiyyah al-'Iraqi kepada Syaikh al-Muhaddits Sa'd bin Atiq yang memberikan kepada beliau ijazah-ijazah hadits yang beraneka ragam, demikian juga beliau meriwayatkan dengan sama' banyak sekali sanad-sanad hadits dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam.
Dalam bidang bahasa dan sastra Arab, beliau mempelajari dan menghafal al-Jurumiyyah, Mulhatul I'rab, Quthrun Nada, dan Alfiyyah Ibnu Malik kepada al-'Allamah an-Nahwi Hamd bin Faris.

Kehidupan Ilmiah beliau

Ketika Syaikh Muhammad bin Ibrahim berusia 28 tahun Syaikh 'Abdullah bin 'Abdul Lathif wafat, menjelang wafat beliau berwasiat kepada Malik 'Abdul 'Aziz -raja Saudi Arabia waktu itu- agar menjadikan Syaikh Muhammad bin Ibrahim sebagai penggantinya, maka Malik 'Abdul 'Aziz kemudian mengangkat Syaikh Muhammad bin Ibrahim sebagai imam masjid Syaikh Abdullah bin Muhammad bin 'Abdul Wahhab di Riyadh – yang saat ini bernama masjid Syaikh Muhammad bin Ibrahim-, maka mulailah Syaikh Muhammad bin Ibrahim memulai majelis-majelis taklimnya di masjid tersebut, semakin hari majelis-majelis taklimnya semakin kuat dan mengarah, sehingga mencapai puncak kematangannya di antara tahun 1350 – 1370 H, majelis taklimnya menonjol dengan kekuatan ilmiahnya, beliau tidak henti-hentinya dalam taklimnya hingga akhir hayatnya.
Syaikh Muhammad bin 'Abdurrahman bin Qasim -salah seorang murid beliau- mensifati majelis taklim beliau dengan mengatakan , “Beliau memiliki tiga majelis yang tersusun dengan sistematis:
Pertama, setelah shalat Shubuh hingga terbit matahari.
Kedua, setelah matahari meninggi hingga 2-4 jam berikutnya.
Ketiga, setelah shalat Ashar.

Dan majelis keempat tetapi tidak rutin yaitu setelah Dzuhur...
Sesudah shalat Maghrib beliau meluangkan waktu untuk muraja'ah kitab-kitab yang hendak diajarkan besoknya sesudah fajar.
Adapun kitab-kitab yang diajarkan oleh beliau dalam majelis-majelis taklimnya, adalah sebagai berikut :
1.Sesudah shalat Shubuh : Alfiyyah Ibnu Malik dengan syarah Ibnu Aqil, Zadul Mustaqni' dengan syarahnya Raudhul Murbi', Bulughul Maram, al-Ajrumiyyah, Mulhatul I'rab, Quthrun Nada, Ushulul Ahkam, al-Hamawiyyah, Tadmuriyyah, dan Nukhbatul Fikar.
2.Sesudah terbit Matahari beliau mengajar dalam bidang 'aqidah: Kitab at-Tauhid, Kasyfu Syubhat, Tsalatsatul Ushul, 'Aqidah Wasithiyyah, Masaa-ilul Jahiliyyah, Lum'atul I'tiqad, dan Ushulul Iman. Dalam bidang hadits: Arba'in Nawawiyah, dan Umdatul Ahkam. Dalam bidang fiqih: Adabul Masyi ilash Shalah.
Setelah selesai dari kitab-kitab yang ringkas di atas beliau melanjutkan dengan kitab-kitab yang luas pembahasannya seperti Fat-hul Majid, Syarah Thahawiyyah, Syarah Arba'in Nawawiyah, Shahih al-Bukhari, Shahih Muslim, Sunan al-Arbaa', karya-karya tulis Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah, Ibnul Qayyim, Ibnu Katsir, serta kitab-kitab ulama yang lainnya.
3.Sesudah shalat Zhuhur beliau mengajarkan Zadul Mustaqni' beserta syarahnya dan Bulughul Maram.
4.Sesudah shalat Ashar beliau mengajarkan Kitab at-Tauhid dan syarahnya, kadang-kadang beliau membacakan Musnad Ahmad atau Mushannaf Ibnu Abi Syaibah atau al-Jawabush Shahih liman Baddala Dinal Masih”

Syaikh Muhammad bin Qasim berkata: “Syaikh Muhammad bin Ibrahim sangat menghendaki agar para murid yang rutin menghafal matan-matan dengan sungguh, tidak setengah-setengah, tidak boleh seorang murid berpindah dari matan satu ke matan yang berikutnya kecuali setelah betul-betul menghafal dan memahami matan yang awal, karena itulah seorang murid yang sungguh-sungguh baru lulus setelah menempuh waktu selama 7 tahun”

Tugas-Tugas yang Beliau Emban

Diantara tugas-tugas yang pernah beliau emban adalah:
1.Kepala Darul Ifta'
2.Kepala Kementrian Kehakiman
3.Direktur Pendidikan Tinggi dan Menengah
4.Rektor Universitas Islam Madinah
5.Direktur Perguruan Tinggi Wanita
6.Ketua Majelis Tinggi Rabithah
7.Rektor Sekolah Tinggi Kehakiman
8.Khatib Jami' Kabir dan 'Iedain serta Imam Masjid Syaikh 'Abdullah.

Kegigihan Beliau dalam Berdakwah

Beliau memulai kehidupan dakwahnya sejak masih muda, pada tahun 1345 beliau diutus oleh Malik 'Abdul 'Aziz untuk berdakwah di daerah Ghathghath yang merupakan markas kelompok Ikhwan yang dulunya berjihad bersama Malik 'Abdul 'Aziz, tetapi kemudian mereka memiliki ijtihad-ijtihad yang menyelisihi para ulama dan pemikiran-pemikiran yang berlebihan.
Beliau begitu memperhatikan keadaan para da'i, di antara murid beliau yang menonjol dalam dakwah adalah Syaikh 'Abdullah al-Qar'awi yang berdakwah di daerah Jazan, Syaikh Muhammad bin Ibrahim mendukung sepenuhnya dakwah Syaikh 'Abdullah al-Qar'awi secara moril dan materil.
Beliau begitu gigih usahanya mempertemukan para da'i Tauhid dan Sunnah dari seluruh penjuru dunia pada waktu musim haji, beliau mendengarkan perkembangan dakwah mereka dan beliau berikan arahan dan nasihat untuk perkembangan dakwah mereka.
Beliau adalah Kepala Ma'had Islami di Nigeria dan sekaligus beliau adalah Pembina penyebaran dakwah di Afrika.
Beliau memantau perkembangan markaz-markaz Islam di Eropa dan memberikan arahan-arahan kepada mereka ketika mereka menyampaikan permasalahan-permasalahan mereka kepada beliau.
Beliau mendirikan Lembaga Penerbitan Dakwah dengan nama Muassasah Dakwah Islamiyyah pada tanggal 23 Jumadi Tsaniyyah 1384 H.
Beliau di dalam dakwahnya mengikuti pokok-pokok dakwah al-Imam al-Mujaddid Syaikh Muhammad bin 'Abdul Wahhab di antaranya menanamkan 'aqidah Tauhid dalam jiwa, melarang kesyirikan, mengajak berpegang teguh dengan sunnah dan memerangi bid'ah, menyerukan penegakan syariat Islam di dalam semua segi, mendidik jiwa dan mensucikannya, ittiba' kepada Salafush Shalih, memerintah kepada yang ma'ruf dan melarang dari yang mungkar, dan selalu loyal kepada para Waliyyul Amr dari keluarga Su'ud yang telah membela dakwah dan menegakkan syari'ah.

Sifat-Sifat Beliau

Beliau memiliki hafalan yang luar biasa, beliau menghafal matan setelah membaca tiga kali atau dua kali, demikian juga beliau memiliki kecerdasan dan kejelian yagn mengagumkan, beliau bisa meraba hakekat segala permasalahan yang diajukan, tidak pernah terpedaya oleh makar ataupun tipu daya. Wallahu a'lam.
Beliau dikenal dengan keikhlasannya, tidak pernah menceritakan amalan-amalan yang beliau kerjakan meskipun begitu banyak.
Beliau masyhur dengan kebersihan hatinya, tidak pernah dendam kepada siapa saja yang berbuat kurang baik kepadanya, sebagaimana beliau dikenal pemberani dalam menyampaikan kebenaran, siapapun yang beliau hadapi.
Beliau sangat menjauhi ghibah, hal itu dikenal dari beliau sejak usia dini hingga meninggalkan dunia, beliau juga dikenal dengan kewara'annya, menjauhi hal-hal yang syubhat.
Beliau banyak berdzikir dan istighfar, banyak bermunajat kepada Allah hingga berlinang kedua matanya, demikian juga beliau selalu shalat malam dalam keadaan mukim maupun safar.
Syaikh 'Abdul 'Aziz bin 'Abdillah bin Baaz berkata, “Aku menyaksikan dari beliau amalan-amalan yang bermanfaat bagi kaum Muslimin, ghirah terhadap Islam dan membantah musuh-musuh Islam semoga Allah mencurahkan pahala yang berlimpah kepadanya. Beliau banyak menasehati para penuntut ilmu agar berdakwah ilallah, memerintah kepada yang ma'ruf, dan melarang dari yang mungkar dengan hikmah, mauzhah hasanah, dan jidal dengan cara yang baik, beliau adalah seorang yang luas ilmunya, banyak takut kepada Allah, jeli pemahamannya...kebaikan-kebaikan dan keutamaan-keutamaannya sangat banyak sekali.”
Syaikh Muhammad al-Amin asy-Syinqithy berkata, “Kami mengetahui dari beliau keluasan ilmu, kesempurnaan akal, kesempurnaan hikmah dan kesabaran yang tidak ada bandingannya, beliau sesuai yang aku yakini dan pastikan -walaupun aku tidak akan mentazkiyyah seorang pun atas Allah- termasuk orang-orang yang langka dalam keilmuan, kesabaran, akal, dan hikmah, kami mengharap agar Allah menerima keshalihan amalannya, membalasnya dengan kebaikan, meninggikan derajatnya di akhirat sebagaimana Dia telah meninggikannya di dunia.”
Syaikh Sa'di Yasin berkata, “Beliau telah menempuh jalan para iman kita dari para ulama Salaf, ketika aku mendengar beliau berfatwa seakan-akan aku mendengar fatwa Sufyan bin Uyainah atau Ibnu Ulayyah atau Ibnu Abi Dzi'bin”
Syaikh Taqiyyuddin al-Hilaly berkata, “Beliau adalah al-Imam, al-'Allamah, perwujudan ulama Salaf, sandaran Khalaf, dan pembela Sunnah”

Murid-Murid Beliau

Di antara murid-murid beliau adalah Syaikh 'Abdul 'Aziz bin 'Abdillah bin Baaz, Syaikh 'Abdullah bin Muhammad bin Humaid, Syaikh 'Abdurrahman bin Qasim, Syaikh 'Abdullah bin Muhammad al-Qar'awi, Syaikh 'Abdul 'Aziz bin Nashir ar-Rusyaid, Syaikh 'Abdul Lathif bin Ibrahim alusy Syaikh, Syaikh 'Abdul 'Aziz bin Muhammad bin Ibrahim alusy Syaikh, Syaikh Shalih bin Ghushun, Syaikh Shalih bin Muhammad al-Luhaidan, dan masih banyak lagi selain mereka.

Tulisan-Tulisan Beliau

Di antara tulisan-tulisan beliau adalah Majmuu' Fataawaa wa Rasaa-il yang diterbitkan dalam 13 jilid, al-Jawabul Wadhih al-Mustaqim, Tahkimul Qawanin, Nashihatul Ikhwan fir Raddi ala Ibni Hamdan, al-Jawabul Mustaqim fi Naqli Maqami Ibrahim, Tuhfatul Huffazh wa Marji'ul Qudhat wal Muftiin wal Wu'azh, dan Nazham 'Ilmi 'ala Muqaddimah al-Inshaf.

Wafat Beliau

Syaikh Muhammad bin Ibrahim alusy Syaikh wafat di Riyadh pada hari Kamis pagi 24 Ramadhan tahun 1389 H dan dimakamkan di Riyadh. Semoga Allah meridhai dan menempatkan beliau dalam keluasan Jannah-Nya.
Wallahu a'lam bishshawab.

Rujukan
Sirah al-Imam al-'Allamah Samahatusy Syaikh Muhammad bin Ibrahim alu Syaikh dari www.sahab.org - Wallahu a'lam bishshawab.

diambil dari http://forum-unand.blogspot.com/2008/04/biografi.html

No comments: